Sumber Informasi Seni Dan Budaya Jogja

Senin, 16 Januari 2012

Keinginan Untuk Merajah Diri


Tatto merupakan sebuah seni lukis yang di buat tidak dengfan menggunakan kertas melainkan dengan kulit binatang dan juga manusia. Tatto yang ada di binatang seperti anjing untuk menandakan jika anjing tersebut sudah di daftarkan dan mempunyai sertifikat layak binatang. Sedangkan jika tatto yang digunakan pada kulit manusia untuk sebuah nilai seni dan juga sebuah jati diri seseorang.
Di Indonesia sendiri sudah ada sejak dulu di suku dayak yang mencirikan untuk masing seseorang dan itu identitas diri. Dengan perkembangan jaman, tatto di nilai untuk sebuah seni dan juga sebuah trend di kalangan remaja, namun tidak memungkinkan orang dewasa juga menyukai seni tatto tersebut. Lihat saja di kota Yogyakarta, banyak studia-studio tatto yang menawarkan seni yang indah pada gambar dan ketajaman warna.  Studio tatto yang ada di Yogyakarta ini seperti Heru tatto artis, Chow tatto, Hitam tatto dan masih banyak lagi. Masing-masing studio memiliki ciri khas dan unutuk menandakan setiap tatto yang di buat akan terlihat dari segi gamabarnya.
Seperti halnya mahasiswa Atma Jaya Andre dia menyukai tatto karena desain gambar yang dia buat sangat memuaskan dan juga sangat tertarik sejak dulu. “saat ini tatto saya sudah penuh di tangan kanan saya dan akan membuat lagi,” ungkapnya. Dia juga menambahkan, teman-teman saya banyak yang mempunyai tatto dan itu kebanyakan mereka sanagt senang dan hobby di rajah. 

gambar tatto kodok yang sedang memegang botol

seseorang saat di rajah di salah satu studio tatto di Yogyakarta
Lain halnya dengan Eko, dia menyukai tatto karena menarik dan sangat menikmati rasa sakit saat di rajah dan itu yang membuat menarik. “Saya ingin kembali di bikin sakit, tetapi uang untuk membuat tatto belum ada,” ungkap frogy panggilan akrabnya. “saya ingin sekali tatto memenuhi badan saya tapi inget sama orang tua pasti tidak di jinkan,” cerita Frogy yang dulu kuliah di Atma Jaya.
Tatto juga menarik perhatian Linda, wanita yang sudah mempunyai anak ini mengaku sangat tergila-gila saat melihat gambar tatto seni dan menarik sekali. “tatto itu untuk saya sebuah seni, tetapi belum ada waktu untuk mencoba hal ini, keinginan di tatto pasti dan saya juga sudah banyak bertanay dengan teman dan saudara saya,” tutur Linda alumni salah satu universitas Solo. Dia juga mengatakan klo keinginannya terwujud, kemungkinan besar akan mencari gamabar lagi untuknya. (Tina Tri Astuti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar